Lokomotif Uap
Lokomotif Uap B 25
Lokomotif ini merupakan lokomotif untuk lintas rel bergerigi di lintas Jambu - Bedono - Gemawang. Seri awal lokomotif ini adalah NIS 231 - 235, setelah jepang datang seri lokomotif ini dirubah menjadi B 25 01 - 05. Saat ini masih tersisa 2 lokomotif B25 di Museum Kereta Api Ambarawa yang masih beroprasi dengan nomor B2502 dan B2503 yang diberi julukan Bobo - Boni dan 1 lokomotif B25 di Monumen Palangan Ambarawa yang sudah tidak beroprasi dengan nomor B2501, lokomotif ini diletakkan diatas rel bergerigi dan dipasangkan dengan 1 gerbong CR.
Lokomotif Uap B 11
Lokomotif ini merupakan salah satu lokomotif tertua milik NIS yang masih memliki dokumentasi yang baik. Lokomotif ini dibuat oleh Beyer Peacock dan dipesan sebanyak 4 unit oleh NIS pada tahun 1883 - 1898. Pada tahun 1970an, ada 1 lokomotif yang tersisa, yaitu B1103 yang sudah dalam kondisi tidak aktif. Data terakhir menunjukan lokomotif ini berada di Dipo Lokomotif Gundih pada tahun 1972. Beberapa tahun kemudian dipindahkan ke Los Bunder Lempuyangan untuk dilakukan preservasi. Namun sayang, lokomotif ini harus dirucat dan tidak sempat diselamatkan. Sehingga saat ini tidak ada lagi lokomotif B11 yang masih tersisa.
Link : Lokomotif Uap B 11
Lokomotif Uap B 12
Lokomotif ini merupakan lokomotif yang awalnya dipesan oleh Samarang-Joana Stoomtram Mij. (SJS). Akan tetapi kemudian dibeli oleh OJS. Lokomotif ini dibuat oleh 2 pabrik yaitu, Werkspoor, Amsterdam dan Beyer Peacock, Manchester. Perbedaan kedua jenis B12 ini ada di boilernya, buatan Werkspoor boilernya menonjol keluar sedangkan buatan Beyer Peacock boilernya berada didalam. Lokomotif ini dibuat sebanyak 45 unit. Sedikit yang bertahan hingga 1970an, itupun hanya tersisa di Surabaya. Saat ini, dari 45 unit yang ada hanya tersisa 1. Yaitu, B1239 yang saat ini dipajang didepan stasiun Surabaya Pasar Turi.
Link : Lokomotif Uap B 12
Lokomotif Uap B 14
Lokomotif ini merupakan lokomotif milik perusahaan NIS dengan nomor NIS 340 - 341. Lokomotif ini dibuat oleh pabrik Beyer Peacock di Manchester Inggris. Lokomotif ini memiliki susunan roda 2-4-2T. Pada masa pendudukan Jepang lokomotif ini diberi nomor baru yaitu B14. Lokomotif ini termasuk yang paling langka dokumentasinya, bahkan tidak ada 1 unitpun yang masuk ke museum.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTambahkan cc 50 dan d 52
BalasHapusTolong tambahkan addons Lokomotif Uap E10 (MAK ITAM)
BalasHapusTerima Kasih
Halo nama kita sama lho
HapusTolong tambahkan Loko uap E10 (Mak itam)
BalasHapusTerimakasih
Bang kok saya masuk ke web Abang gak bisa?
HapusLokomotif C51 Please
BalasHapusBelum ada ya lokomotif uap b23 nya
BalasHapusHalo
BalasHapusTambahin lagi bang gw dukung lu
BalasHapusKok add onya error ya pas dipencet ke rel malah fc
BalasHapusTambahkan Loko B23
BalasHapusTambahkan Loko C28
BalasHapus